Get Adobe Flash player
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday35
mod_vvisit_counterYesterday42
mod_vvisit_counterThis week298
mod_vvisit_counterLast week337
mod_vvisit_counterThis month1174
mod_vvisit_counterLast month1541
mod_vvisit_counterAll days146663

Online (20 minutes ago): 2
Your IP: 54.224.187.45
,
Today: Nov 25, 2017
Page Rank

postheadericon Serba Organik di Sedap Alami

Bermula Dari Menu Makanan Rumahan

Dulu makanan organik tidak dilirik oleh orang. Tetapi, saat ini makan organik digemari oleh banyak orang. Orang mulai menyadari untuk mencari makanan yang sehat, hijau, dan alami. Dan, makanan organik tidak selalu identik dengan harga yang mahal.

APA sih makanan organik Itu? Makanan organik adalah makanan yang tidak mengandung pestisida ataupun zat kimia lainnya. Ada anggapan kalau pestisida sebagai pemicu kanker. Belum lagi di soal polusi udara. Jika sehari-hari paru-paru sudah menghirup udara yang kotor dan ditambah mengonsumsi makanan yang mengandung pestisida akan semakin merana tubuh kita.

Jika Anda tidak ingin repot memasak menu organik, bisa mampir ke Rumah Makan Sedap Alami yang ada di kawasan jl.Bendungan Hilir raya 41  Jakarta Pusat. Yang pasti seluruh sayuran dan buah yang disajikan Itu berasal dari kebun organik milik Yosefina Skolastika. Tersedia juga beras hitam, merah dan beras putihnya.

 

Bahan makanan itu diolah dengan sederhana tanpa menggunakan bumbu penyedap atau MSG. Alasannya sayuran sudah mengeluarkan rasa sendiri sehingga tidak memakai penyedap.

"Untuk tumisan sayuran, kami menggunakan ebi dan teri. Sedangkan untuk kuah menggunakan kaldu ayarn kampung. Dari situ sudah mengeluarkan rasa gurih tersendiri. Selain Itu Juga penambahan gula dan garam sudah merupakan penyedap masakan." kata Yosefina.

Menurut sebuah penelitian yang dibiayai oleh Uni Eropa, buah dan sayuran organik memiliki 50 persen lebih banyak anti-oksidan dan dipercaya oleh para ahli dapat menurunkan risiko penyakit kanker dan Jantung.

Makanan organik Juga mengandung lebih banyak vitamin dan mineral seperti besi dan zinc. Menurut penelitian terkini lainnya, makanan organik lebih dapat melawan kanker dan orang yang memakan makanan organik, kekebalan tubuhnya meningkat, tidur lebih nyenyak, dan berat badannya lebih ringan dari pada yang mengonsumsi makanan non-organlk.

Buah dan sayuran organik memiliki rasa yang lebih enak daripada yang non-organlk. Saat Ini sebagian besar buah dan sayuran dimodifikasi agar terlihat bagus dan awet. Stroberi supermarket mungkin saja terlihat segar, tetapi stroberi tidak ada rasanya. Bagaimanapun Juga buah organik yang segar memiliki rasa yang sangat enak.

Di Sedap Alami tersedia Juga menu makanan dari ikan dan ayam. Untuk daging tidak digunakan. Seperti pesmol ekor kuning, pepes Ikan. ikan dori , pepes ayam, ikan tuna berbumbu. Ikan yang dipilihnya merupakan ikan dari laut dalam, sedangkan ayam yang dipakai ayam kampung.

Masakan yang dlolahnya sebenarnya merupakan makanan rumahan yang tidak asing bagi lidah kita. Antara lain tumis pucuk labu siam, tahu leunca. cah labu siam, cap cai, tumis kembang pepaya, balado terong. tumis Jamur, cah buncis, kacang panjang, dan masih banyak lagi. Rata-rata per porsi makanannya dijual dengan harga Rp 4.000-Rp 6.000.

Juga ada pecel spesial organik yang hanya Rp 10.000 per porsi. Yang menyukai mi coba saja mi wortel yang disajikan dengan sawi dan cacahan ayam kampung. Saya yang biasanya sehabis makan mi terasa perih, tapi kali ini tidak ada efeknya sama sekali. Mi yang dibuat sendiri Ini tidak menggunakan bahan pengawet.

Tahu Juga saya buat sendiri dari kedelai organik. Selain untuk lauk dan yang berkuah. Juga saya buat kembang tahu yang diberi air gula jahe," kata Yosefin.

Berhubung Yosefin dan suaminya berasal dari Pontianak dan Palembang, maka Juga menghadirkan beberapa menu khas dari kedua daerah Itu, seperti tekwan dan pempek.

Beberapa Jenis kue tradisioanal yang dijual Juga kue buatan sendiri dan bahannya Juga organik. Seperti tlmus yang terbuat dari singkong, nagasari dari tepung beras hitam, kue apem dari ubi ungu, pau dari labu kuning yang diisi (wijen hitam , kacang hijau, biji teratai, ayam, sayuran), bolu singkong, dan coipan.

Juga coipan ini menurut Yosefin. terbuat dari tepung beras yang digiling sendiri lalu diuleni dan isinya dari bengkuang. Dimakannya dengan kuah. Sayangnya, kami belum sempat mencicipi karena kehabisan. Harga kue tradisional Itu berkisar Rp 2.000-Rp 5.000.

Minuman yang disajikan Juga sehat, seperti aneka jus buah organik, es cincau rambat yang juga organik, cendolid -cendol dari lidah buaya) teh mimba. dan teh rosella.

Jual sayur

Bagi yang suka masak, bisa Juga memperoleh aneka sayur, buah dan bahan baku seperti beras, gula Jagung. tahu fresh, mi mentah, bakso ikan rebus atau goreng, beras organik meliputi menthik. beras merah, beras hitam, bekatul organik, kentang tess. telur ayam kampung organik, madu organik, dan sebagainya.

Sebagian bahan-bahan itu ada yang dijual di rumah makannya. Tetapi kalau ingin yang lebih lengkap Anda bisa berbelanja di Perumahan Permata Buana. Jakarta Barat.

Namun, kalau di perumahan Itu tidak menyediakan makanan besar, hanya camilan dan kue-kue saja. Harga makan di Sedap Alami cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Ingin makan sehat

Berawal dari mukjizat yang Yosefin alami bersama dengan makanan berbahan dasar organik (sembuh dari penyakit kanker stadium lanjut karena pola makan sehat dan benar), dia akhirnya membuat perkebunan organik di daerah Kampung Goleah. Cisarua. Kabupaten Bogor.

Semula hanya sepetak kebun untuk kebutuhan pribadi, lalu berkembang menjadi pengusaha bahan baku organik. Mulai dari beras hingga sayur dan bumbu dapur. Padahal sebelum-nya dirinya sudah menjadi pegawai di sebuah perusahaan swasta dengan gaji yang cukup lumayan. Akhirnya mengundurkan diri dan berkonsentrasi dengan kebunnya. Dan kini sudah memilliki lahan seluas 6 hektar.

Berdasarkan survei yang Yosefin lakukan secara kecil-kecilan, ternyata banyak pelanggan dan teman-temannya yang memperlakukan bahan organik dengan tidak semestinya, akhirnya khasiat dari keorganikannya hilang karena proses masak atau bahan campuran lainnya yang tidak benar.

Setelah itu Yoseftna mulai membuat rumah makan di Bendungan Hilir sebagai tempat untuk mempraktikkan menu masakannya kepada para pelanggannya. Termasuk memperlakukan bahan organik itu agar maksimal khasiatnya. Ternyata respons masyarakat cukup bagus sehingga akhirnya Ia mampu membuka cabang di kawasan Jakarta barat.

"Meskipun makanan dari bahan organik, harga yang dipatok tidak terlalu mahal. Saya ingin menciptakan citra kalau makanan organik tidak harus mahal." kata ibu dari tiga anak Ini.

Oleh karena Itu. Yosefin seminimal mungkin tidak menggunakan bahan impor. "Prinsipnya walau tidak organik yang terpenting saya ingin menyajikan makanan dengan bahan-bahan terbaik." ujarnya, (dam)